Siap Memberikan Dukungan Fungsi Anggaran Secara Profesional

Referensi APBN

Perkembangan Pembangunan Sarana Prasarana dan Indikator Kesehatan / Mei 2019

Sekilas:
Pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional dalam RPJMN tahun 2015 - 2019. Hal ini mengingat pentingnya kesehatan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan dalam rangka pembentukan sumber daya manusia Indonesia serta peningkatan ketahanan dan daya saing bangsa bagi pembangunan bangsa. Hal tersebut didukung oleh alokasi anggaran yang terus meningkat dan Pemerintah mulai mengalokasikan anggaran bidang kesehatan sebesar 5 persen dari APBN sejak tahun 2016, sejalan dengan ketentuan Pasal 171 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan




Perkembangan Realisasi PNBP Sumber Daya Alam / Mei 2019

Sekilas:
Menurut Undang-undang Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), PNBP adalah pungutan yang dibayar oleh Orang Pribadi atau Badan dengan memperoleh manfaat langsung maupun tidak langsung atas layanan atau pemanfaatan sumber daya dan hak yang diperoleh negara, berdasarkan peraturan perundang-undangan, yang menjadi penerimaan Pemerintah Pusat di luar penerimaan perpajakan dan hibah dan dikelola dalam mekanisme Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara




Perkembangan Utang Pemerintah Pusat / Mei 2019

Sekilas:
Utang Pemerintah Pusat merupakan bagian dari kebijakan fiskal yang digunakan sebagai salah satu bentuk pembiayaan ketika Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengalami defisit dan untuk membayar kembali utang yang jatuh tempo (debt refinancing).




Arah Kebijakan Anggaran Belanja Pemerintah Pusat Dalam RAPBN 2019 / September 2018

Sekilas:
Belanja pemerintah pusat dalam RAPBN tahun 2019 direncanakan sebesar Rp1.607.340,0 miliar, atau meningkat 10,6 persen terhadap outlook APBN Tahun 2018, yang terdiri atas belanja K/L sebesar Rp840.284,0 miliar dan belanja non K/L sebesar Rp767.056,0 miliar (NK RAPBN, 2019). Referensi ini adalah ringkasan arah kebijakan anggaran Belanja Pemerintah Pusat menurut fungsi dan organisasi dalam RAPBN 2019.




Perkembangan Realisasi Penerimaan Perpajakan / September 2018

Sekilas:
Di beberapa negara berkembang tak kecuali Indonesia, pertumbuhan ekonomi yang tinggi menjadi sasaran utama pembangunan. Dampak positif dari pertumbuhan ekonomi tinggi diharapkan dapat dirasakan adil dan merata berbagai lapisan masyarakat. Sasaran pembangunan tidak hanya berhenti sampai dengan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi saja melainkan, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan memperhitungkan pemerataan pendapatan serta pengentasan kemiskinan dan pengangguran1. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas menjadi tantangan besar bagi Indonesia. Amanat konstitusipun telah menuangkan sasaran pembangunan/indikator kesejahteraan yang merepresentasikan kualitas pertumbuhan ekonomi Indonesia secara garis besar mencakup 3 aspek yaitu pemerataan, tingkat kemiskinan serta kesempatan kerja dalam dokumen negara RPJP-RPJMN hingga RKP tahun 2019.




← Sebelumnya 1 2 3 4 Selanjutnya →