Siap Memberikan Dukungan Fungsi Anggaran Secara Profesional

   

Data Budget Issue Brief (BIB)

Vol. II / No. 16 - September 2022

Penulis: ORLANDO RAKA BESTIANTA, S.E.

Abstrak:
Konflik geopolitik yang terjadi antara Rusia-Ukraina berdampak pada naiknya harga minyak dunia dimana Rusia merupakan salah satu produsen utama minyak dunia sehingga mempengaruhi pergerakan harga minyak global termasuk Indonesia sebagai negara pengimpor minyak. Naiknya harga minyak dunia pada tahun 2022 tercatat sebesar US$114,55/barel menyebabkan permintaan dan penawaran tidak seimbang




Vol. II / No. 16 - September 2022

Penulis: Slamet Widodo, S.E., M.E.

Abstrak:
Pada tahun 2022, perekonomian nasional sedang berada di masa pemulihan pasca pandemi Covid-19. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi nasional mengalami pertumbuhan 5,44% pada triwulan II tahun 2022. Namun, pertumbuhan tersebut terancam melandai di tahun mendatang akibat berbagai tantangan dan ketidakpastian perekonomian global yang masih berlanjut hingga tahun depan. Kondisi ini berimplikasi pada lonjakan inflasi di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia. Tercatat, inflasi Indonesia pada Agustus mengalami kenaikan sebesar 4,69% (yoy) dan dalam RAPBN 2023 diprediksi tahun 2023 sebesar 3,30% (yoy)




Vol. II / No. 16 - September 2022

Penulis: Slamet Widodo, S.E., M.E.

Abstrak:
Dengan datangnya era bonus demografi yang berdampak besar pada dunia pendidikan, diperlukan strategi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), salah satunya bagi tenaga pendidik. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023, pemerintah mengalokasikan 20% anggaran ke bidang pendidikan sebesar Rp608,348 miliar. Anggaran pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan daya saing, penguasaan teknologi dan kompetensi angkatan kerja. Salah satu syarat utama mewujudkan peran penting tersebut yaitu, tersedianya tenaga pendidik berkompeten. Tunjangan Profesi Guru (TPG) merupakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi untuk mendorong peningkatan mutu guru dalam mengajar, dan diberikan sebesar 1 (satu) kali gaji pokok sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Secara umum, TPG diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-Aparatur Sipil Negara (non-ASN) sebagai penghargaan atas profesionalismenya dalam melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.




Vol. II / No. 16 - September 2022

Penulis: Ratna Christianingrum, S.Si., M.Si.
LEO ISKANDAR, S.E

Abstrak:
Pembukaan UUD 45 menyatakan bahwa negara memiliki empat fungsi, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Fungsi negara tersebut dapat diterjemahkan dalam fungsi melaksanakan ketertiban dan keamanan, fungsi kemakmuran dan kesejahteraan, fungsi pertahanan dan keamanan, serta fungsi menegakkan keadilan.




Vol. II / No. 16 - September 2022

Penulis: Rendy Alvaro, S.Sos., M.E.

Abstrak:
Salah satu dampak buruk yang timbul pada perkembangan teknologi dalam era globalisasi adalah penyalahgunaan teknologi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang melibatkan jaringan komputer. Penguatan keamanan siber sangat penting untuk mengurangi dan mengatasi risiko siber, dimana besarnya urgensi keamanan siber berkaitan langsung dengan tingkat ketergantungan penggunaan di ruang siber. Seiring dengan pertumbuhan teknologi, ancaman siber terus mengalami peningkatan yang sangat pesat. Berdasarkan laporan monitoring BSSN, tingkat serangan siber di tahun 2019 mencapai 290,3 juta. Angka tersebut terus mengalami peningkatan hingga di tahun 2021 yang mencapai 1,637 juta. Kemudian hingga Juni 2022 serangan siber juga telah mencapai 714,1 juta




← Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya →